Apa itu Sabuk Kuiper ? | Pengertian Sabuk Kuiper.


Sabuk Kuiper


Sabuk Kuiper (bahasa inggris: Kuiper belt) adalah sebuah wilayah di Tata Surya yang berada di sekitar Orbit Neptunus (sekitar 30 AU) sampai jarak 50 AU dari Matahari. Objek – objek dalam sabuk Kuiper ini disebut sebagai objek trans-Neptunus.

Sabauk Kuiper adalah sebuah Cincin raksasa yang mirip dengan sabuk asteroid, tetapi komposisi utamanya adalah es. Beberapa objek Kuiper yang terbesar, seperti Quaoar, Varuna dan Orcus. Mungkin akan diklasifikasikan sebagai planet kerdil. Para ilmuan memperkirakan terdapat sekitar 100.000 objek Sabuk Kuiper yang berdiameter lebih dari 50 km, tetapi diperkirakan massa total Sabuk Kuiper hanya sepersepuluh massa bumi. Banyak objek Kuiper memiliki setelit ganda dan kebanyakan memiliki orbit di luar bidang eliptika.

Sabuk Kuiper secara kasar bias dibagi menjadi “sabuk klasik” dan resonansi. Resonansi adalah orbit yang terkait pada Neptunus (contoh: dua orbit untuk setiap tiga orbit Neptunus atau satu untuk setiap dua). Resonansi yang pertama bermula pada Neptunus sendiri. Sabuk klasik terdiri dari objek yang tidak memiliki resonansi dengan Neptunus, dan terletak sekitar 39,4 SA sampai 47,7 SA. Anggota dari sabuk klasik diklasifikasikan sebagai cubewanos, setelah anggota jenis pertamanya ditemukan (15760) 1992QB1.

Sumber : id.wikipedia.org

Mungkin cuman itu penjelasan mengenai Sabuk Kuiper. Semoga bermanfaat :)
Terima kasih ^__^

0 Response to "Apa itu Sabuk Kuiper ? | Pengertian Sabuk Kuiper."

Posting Komentar